TY - THES N1 - Nurhadi, M.A, ID - digilib29487 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29487/ A1 - HANNA RAFIKA SANTY, NIM. 13420006 Y1 - 2017/11/29/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena dalam keterampilan menulis peserta program Bimbingan Tes Masuk Gontor. Sebagian peserta hanya memiliki keterampilan dalam melafadzkan bahasa Arab, yakni membaca Al- Qur?an. Sedangkan kemampuan untuk menulis yang menjadi dasar keterampilan berbahasaArab belum terlatih. Sehingga pentingnya pembelajaran iml?? membutuhkan latihan yang berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran iml??, mengetahui hasil implementasi pembelajaran iml?? dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran iml?? pada program BIMTES Gontor bagi peserta angkatan IV tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar program Bimbingan Tes Masuk Gontor yang diadakan di SMK Budhi Dharma Boarding School (BDBS) Piyungan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teori yang dipakai menggunakan teori pembiasaan klasikal Ivan Pavlov dan teori DealektikaHegel. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kemudian diverifikasi lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi proses pembelajaran? pada iml?? al-istim??i dilakukan melalui tahapan-tahapan yaitu meliputi: pendahuluan, inti, penutup. Tahapan tersebut disesuaikan dengan acuan pembelajaran iml?? bagi calon santri Gontor. Hasil analisis menujukkan bahwasanya pembelajaran iml??yang diterapkan sudah sesuai dengan teori pembiasaan klasikal Pavlov. (2) Hasil implementasi pembelajaran iml?? dengan nilai rata-rata peserta kelas B, C, dan D untuk pemerolehan rata-rata komulatif iml?? pertama hasil rata-rata 7, 60 dan untuk iml?? kedua 7,20. Hasil kemudian dianalisis menggunakan teori dialektika Hegel(3) Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran iml?? bagi peserta Bimbingan Tes Masuk Gontor yaitu: a) Kemampuan Pengajar, b) Waktu pembelajaran yang intensif. Dan adapun faktor penghambat dalam pembelajaran iml?? yaitu: a) Kesulitan menghadapi perbedaan individu peserta, b) Kemampuan menulis peserta yang masing sangat minim. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Iml?? KW - Bimbingan Tes Masuk Gontor M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IML?? BAGI PESERTA BIMBINGAN TES MASUK GONTOR ANGKATAN IV OLEH IKPM GONTOR CABANG YOGYAKARTA TAHUN 2017 AV - restricted EP - 197 ER -