@phdthesis{digilib29489, month = {November}, title = {PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE JIGSAW DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMP AL-MUHAJIRIN PURWAKARTA)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 13420007 MARISHA PUSPA DEWI}, year = {2017}, note = {Dr. Abdul Munip, M.Ag,}, keywords = {Metode Jigsaw, Metode Course Review Horay, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29489/}, abstract = {Pada saat pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII SMP Al-Muhajirin Purwakarta. Sebagian besar siswa mengatakan bahwa belajar Bahasa Arab itu tidak menyenangkan dan sulit untuk difahami. Hal tersebut mengakibatkan ketika mereka belajar Bahasa Arab menjadi malas-malasan. Dan juga dikarenakan guru masih menggunakan metode yang monoton yaitu metode ceramah. Hal tersebut menyebabkan kegiatan pembelajaran kurang menarik dan membosankan bagi siswa, serta membuat siswa tidak memiliki motivasi dalam pembelajaran. hal demikian juga menyebabkan, hasil belajar kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan metode Jigsaw dan Course Review Horay adakah pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Al-Muhajirin Purwakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelititian eksperimen dengan model pretest posttest control group desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Muhajirin Purwakarta kemudian diambil sampel kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas Bahasa Arab VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U-Test dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Pelaksanaan Jigsaw dan Course Review Horay diawali dengan pembagian kelompok. Setiap anggota kelompok diberikan materi yang berbeda, siswa diminta berkumpul dengan siswa yang mendapati materi yang sama diluar kelompoknya dan membentuk kelompok baru (kelompok tim ahli) untuk berdiskusi memahami materi yang diberikan. Kemudian, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan menjelaskan materinya masing-masing secara bergantian. Untuk menguji pemahaman siswa, peneliti membagikan lembar Course Review Horay kepada setiap kelompok. 2) Terdapat perubahan yang signifikan pada hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Jigsaw dan Course Review Horay. Sebagaimana hasil analisis peningkatan pretest-posttest dengan uji Mann Whitney U-Test menunjukan bahwa nilai Sig 0.000 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. 3) Terdapat perubahan yang signifikan pada motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode Jigsaw dan Course Review Horay. Sebagaimana hasil analisis angket motivasi belajar dengan uji Mann Whitney U-Test menunjukan bahwa nilai Sig 0.000 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima.} }