TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd ID - digilib2949 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2949/ A1 - Laila Hanifa NIM: 05420026, Y1 - 2009/07/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab dengan team teaching di kelas X3 MAN Gandekan Bantul dan kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dengan team teaching. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam hal ini, penelitian dilaksanakan di kelas X3 MAN Gandekan Bantul. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data penelitian ini diperoleh dari beberapa siswa kelas X3 dan guru bahasa Arab MAN Gandekan yang tergolong regu team teaching. Analisis yang digunakan adalah analisis data non statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa team teaching yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X3 MAN Gandekan sudah cukup efektif dan sesuai dengan prosedur pelaksanaan team teaching yang baik. Akan tetapi berdasarkan penelitian di lapangan, mereka mengalami beberapa kendala dalam belajar bahasa Arab. Kendala tersebut antara lain: kendala bacaan amp; tulisan, tata kalimat, hafalan mufrodat, faktor dari guru, dan kendala dari faktor sikap siswa itu sendiri. Beberapa solusi yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah tersebut antara lain: menggunakan pendekatan individual terhadap siswa, penggunaan metode mengajar yang bervariasi dan tidak membosankan serta materi yang diajarkan sesuai dengan kondisi siswa sehingga siswa mudah memahaminya. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan bagi para pengajar serta siapa saja yang peduli dengan perkembangan pembelajaran bahasa Arab. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Team Teaching KW - Pembelajaran KW - Bahasa Arab M1 - skripsi TI - TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN GANDEKAN BANTUL AV - restricted ER -