TY - THES N1 - M Jafar Shodiq, S.Pd.I, M.SI., ID - digilib29491 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29491/ A1 - FAKHRODATUL MASJIDAH, NIM. 13420031 Y1 - 2017/11/21/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah adanya fakta bahwa metode pembelajaran bahasa Arab di MAN 3 Sleman kurang menarik sehingga siswa merasa bosan, dan rendahnya nilai uas khususnya nilai mah?rah al-kal?m. Oleh karena itu peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran direct method sebagai suatu metode pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode langsung dan dengan tidak menggunakan metode langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasi yang diteliti adalah siswa kelas XII MAN 3 Sleman yang diambil dua kelas yang homegen sebagai sampelnya, yaitu kelas XII MIPA-3 sebagai kelas eksperimen dengan siswa kelas XII IPS-3 sebagai kelas kontrol. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa: Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya hasil peningkatan nilai pre-test dan post-test yang dicapai oleh kelas eksperimen dan kelas kontrol dan dibuktikan dengan hasil analisis peningkatan nilai uji idependent t-test dengan hasil Sig (2-tailed) 0,05 yaitu 0,001 0,05, sesuai dengan pengambilan keputusan Paired Samples T ?Test maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan signifikan diantara keduanya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Eksperimen KW - Metode Langsung (Direct Method) KW - Mah?rah Al-Kal?m M1 - skripsi TI - EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN DIRECT METHOD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAH?RAH AL-KAL?M SISWA KELAS XII MAN 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018 AV - restricted EP - 170 ER -