eprintid: 29492 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/02/94/92 datestamp: 2018-02-20 07:31:30 lastmod: 2018-02-20 07:31:30 status_changed: 2018-02-20 07:31:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: CICYLIA YULIANA EFENDI, NIM. 13420035 title: UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA TERHADAP KETERAMPILAN QIRO’AH DIKELAS VIII MTSN 2 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Siswa terhadap Keterampilan Qiro’ah note: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, MM., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesulitan yang dihadapi siswa dalam keterampian Qiro’ah dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa terhadap keterampilan Qiro’ah kelas VIII MTsN 2 Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi peneliti yang berkenaan dengan kesulitan siswa terhadap keterampilan Qiro’ah serta peningkatannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukanmelalui metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui beberapa masalah yang menjadikan siswa kesulitan dalam membaca di kelas VIII MTsN 2 Sleman Yogyakarta yaitu pertama : Kesulitan Linguistik : sistem penulisan Arab yang khas dan tidak adanya syakl (Harakat). Kedua : Kesulitan Sosial Budaya : latar belakang pendidikan siswa dan lingkungan tempat tinggal siswa. Ketiga : Kesulitan Metodologis : materi pelajaran siswa, dan media pembelajaran. Upayaupaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa terhadap keterampilan qiro’ah kelad VIII MTsN 2 Sleman Yogyakarta yaitu setiap diawal pertemuan guru slalu meminta siswa untuk mengulang pelajaran, dengan cara membacamateri yang telah diajarkan, menyuruh siswa untuk menghafal kosa kata minimal 5 kosa kata setiap pertemuan, mengajari siswa untuk memakai kamus karena tidak sedikit siswa yang belum bisa menggunakan kamus bahasa Arab, meyuruh siswa untuk mengikuti kegiatan BTA, mengingatkan slalu kepada siswa untuk rajin membaca Al-Qur’an dirumah, memberikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya belajar bahasa Arab, terutama dalam membaca teks Arab seperti membaca Al-Qur’an, do’a-do’a dll. date: 2017-11-29 date_type: published pages: 210 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: CICYLIA YULIANA EFENDI, NIM. 13420035 (2017) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA TERHADAP KETERAMPILAN QIRO’AH DIKELAS VIII MTSN 2 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29492/1/13420035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29492/2/13420035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf