<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DEPARTEMEN AGAMA RI (Analisis Proses Di Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta)"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas khusus (Mustawal Ula) Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran tersebut serta solusinya. Penelitian ini ditujukan kepada mahasiswa dan mahasiswi kelas khusus (Mustawal Ula), yaitu mahasiswa dan mahasiswi dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Jurusan Tafsir Hadis yang mengikuti Program Pendi Pontren Depag RI. Program ini adalah program kerja sama antara Depag RI dengan Pondok Pesantren, dalam hal ini UIN Sunan Kalijaga dengan Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab umumnya, dan khususnya Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian kombinasi antara kulaitatif dan kuantitatif Penelitian kualitatif merupakan penelitian utama dan penelitian kuantitatif sebagai pelengkap untuk mencari data-data dengan menggunakan angka. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, kuisioner dengan mengorganisasikan fakta-fakta atau hasil pengamatan dan data-data kuantitatif sehingga kemudian ditarik kesimpulan dari hasil tersebut. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, efektivitas mengajar ketika guru menggunakan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas Mustawal Ula sudah baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil angket yang telah penulis lakukan yaitu 80 % peserta didik dapat memahami pelajaran yang diberikan. Kedua, efektivitas belajar murid dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas tersebut ketika guru menggunakan metode langsung sudah efektif. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil tes yang kemudian dihitung dengan rumus statistik Mx = fx: N, dan diperoleh hasil 75, 5. Angka tersebut termasuk kriteria efektif dalam standart kriteria keberhasilan yang lazim digunakan di perguruan tinggi. Ketiga, beberapa faktor pendukungnya adalah situasi dan kondisi pondok yang kondusif untuk kegiatan pembelajaran karena jauh dari pusat keramaian, peserta didik telah mempunyai basic pengetahuan bahasa Arab dan pak kyai yang mengadakan “muhadzarah†(pidato berbahasa Arab) setiap hari setelah sholat Isya’ yang dapat dijadikan sebagai pemicu semangat para santri dalam mempelajari bahasa Arab. Ketiga, beberapa faktor penghambat adalah terbatasnya kosa kata (mufrodat), penyampaian guru terlalu cepat dan terbatasnya sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran bahasa Arab. Keempat, solusi faktor penghambat tersebut adalah peserta didik harus selalu menambah dan menghafal kosa kata baru, guru menyampaikan pelajaran dengan jelas dan tidak terlalu cepat serta menambah sarana prasarana yang mendukung pembelajaran bahasa Arab seperti laboraturium bahasa. "^^ . "2009-07-27" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Tarbiyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . . " "^^ . "Miftakhur Rohman NIM. 04420900"^^ . " Miftakhur Rohman NIM. 04420900"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DEPARTEMEN AGAMA RI (Analisis Proses Di Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "BAB I,IV.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DEPARTEMEN AGAMA RI (Analisis Proses Di Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DEPARTEMEN AGAMA RI (Analisis Proses Di Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DEPARTEMEN AGAMA RI (Analisis Proses Di Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DEPARTEMEN AGAMA RI (Analisis Proses Di Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DEPARTEMEN AGAMA RI (Analisis Proses Di Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DEPARTEMEN AGAMA RI (Analisis Proses Di Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DEPARTEMEN AGAMA RI (Analisis Proses Di Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DEPARTEMEN AGAMA RI (Analisis Proses Di Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DEPARTEMEN AGAMA RI (Analisis Proses Di Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #2951 \n\nEFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DEPARTEMEN AGAMA RI (Analisis Proses Di Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta)\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa Arab"@en . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .