@phdthesis{digilib2954, month = {July}, title = {AT TAQWIMU 'ALA AL KAFA'AH AL TARBAWIYAH LI MUDARIS AL LUGHAH AL ARABIYAH FI AL MADRASAH AL TSANAWIYAH AL DINIYAH AL HUKUMIYAH BI SURAKARTA }, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { ATIQ FAROHIDY - NIM. 04420894 }, year = {2009}, note = {PEMBIMBING: DR. SEMBODO ARDI W., M.AG }, keywords = {Kompetensi Pedagogis Guru Bahasa Arab, evaluasi,MAN 1 Surakarta }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2954/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Fokus penelitian adalah untuk membuka wacana tentang bagaimana Kompetensi Pedagogis Guru Bahasa Arab di MAKN MAN 1 Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: 1) Bagaimana pelaksanaan evaluasi atas kompetensi pedagogis guru bahasa Arab di MAKN (Madrasah Aliyah Keagamaan Negeri) MAN 1 Surakarta, 2) Apakah guru bahasa Arab mampu melaksanakan perencanaan pengajaran dengan baik, 3) Apakah guru bahasa Arab mampu mengelola kelas/pengajaran dengan baik, 4) Apakah guru bahasa Arab mampu mengevaluasi pengajaran dengan baik. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah amp; Wakil Kepala Madrasah Bidang MAKN, guru bahasa Arab dan siswa kelas II MAKN MAN 1 Surakarta. Pengumpulan data melalui observasi tindak kelas, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Guru bahasa Arab melaksanakan perencanaan pengajaran dengan baik, hal ini terbukti dari lengkapnya ; (a) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), (b) Program Tahunan (Prota), dan (c) Program Semesteran (Promes). (2) Guru bahasa Arab melaksanakan pengelolaan kelas secara profesional, hal ini terbukti dari keadaan kelas yang aktif dan dinamis pada saat pembelajaran berlangsung. (3) Guru bahasa Arab mampu melaksanakan evaluasi pengajaran dengan baik, hal ini dapat diamati dari kemampuan guru ketika siswa salah membaca teks berbahasa Arab dan guru langsung membenarkannya. Selain itu, guru juga memiliki kompetensi pedagogis dalam bahasa Arab yang baik, hal ini dapat dilihat dari latar belakang pendidikannya yang matang, yaitu pengalamannya mengikuti program quot;Ta'hil al-'am quot; di LIPIA Jakarta, pada tahun 1988. } }