%0 Thesis %9 Skripsi %A KHOLISHOTUL MUNAWAROH, NIM. 13220118 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2017 %F digilib:29557 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K bimbingan dan Konseling, Perbedaan Lintas Budaya %T BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI PERBEDAAN LINTAS BUDAYA BAGI SISWA BOARDING SCHOOL SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29557/ %X KHOLISHOTUL MUNAWAROH (13220118), Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Perbedaan Budaya bagi Siswa Boarding School SMPIT Abu Bakar Yogyakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya permasalahan terkait lintas budaya pada siswa boarding school SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Pendekatan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dan pembina asrama dalam memberikan konseling bagi siswa yang berasal dari budaya yang berbeda dalam berinteraksi di asrama kelas VII tahun ajaran 2016/2017 di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendekatan yang digunakan oleh guru bimbingan dan konseling dan pembina asrama dalam menyelesaikan permasalahan siswa terkait beda budaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, pembina asrama dan siswa kelas VII. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah pendekatan bimbingan dan konseling dalam menangani siswa lintas budaya di boarding school SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pendekatan konseling yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam menangani perbedaan lintas budaya bagi siswa boarding school SMPIT Abu Bakar Yogyakarta adalah pendekatan eksistensial-humanistik yaitu suatu pendekatan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling kepada siswa untuk menentukan sendiri jalan keluar atau solusi dari permasalahan yang terjadi, sedangkan pendekatan konseling yang dilakukan oleh pembina asrama dalam menangani perbedaan lintas budaya bagi siswa boarding school SMPIT Abu Bakar Yogyakarta adalah pendekatan behavioral yaitu pendekatan yang dilakukan oleh pembina asrama kepada siswa dengan cara memberikan dorongan dan penguatan untuk merubah tingkah laku yang kurang baik pada siswa yang mengalami permasalahan terkait lintas budaya. %Z Drs. Abror Sodik. M. Si.