eprintid: 2956 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/29/56 datestamp: 2012-08-09 10:38:52 lastmod: 2017-03-15 03:13:45 status_changed: 2012-05-04 16:43:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muhammad Khoddik NIM. 04471211, title: STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SMPLB TUNARUNGU DI SLB YAPENAS CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam note: Pembimbing : Dr. H. Hamruni, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dipakai dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bagi siswa SMPLB tunarungu di SLB YAPENAS Condong catur Depok Sleman Yogyakarta, serta untuk mengetahui pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran PAI dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengajar siswa SMPLB tunarungu di SLB YAPENAS Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilaksanakan di tengah-tengah kancah kehidupan masyarakat. Berdasarkan maksud suatu penelitian dilaksanakan, penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif (descriptive research). Karena bertujuan untuk menggambarkan ciri tertentu dari suatu fenomena dan berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan apa yang ada (bisa mengenai kondisi atau hubungan yang ada pendapat yang sedang tumbuh, proses yang sedang berlangsung, akibat atau efek yang terjadi, atau kecenderungan yang tengah berkembang). Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan empat tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, mengklasifikasikan data, menjelaskan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah strategi pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran PAI bagi siswa tunarungu di SMPLB YAPENAS adalah ceramah, keteladanan, tanya jawab, pemberian tugas, dan drill atau latihan. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan individual, kelompok, dan pembiasaan. Dalam mendukung terlaksananya strategi dengan baik bagi siswa tunarungu,. Guru menggunakan pendekatan berbahasa yaitu metode Metode Maternal Reflektif (MMR) yaitu metode pembelajaran yang memuat percakapan dari hati ke hati, percakapan linguistik, dan membiasakan siswa untuk menyimak, berbicara, membaca dan menulis sesuai kemampuan siswa dengan dibina oleh guru. Hambatan yang dihadapi dalam pembelajarean PAI adalah berasal dari siswa, fasilitas dan media pembelajaran. Sedangkan pendukung proses pembelajaran PAI adalah berasal dari guru pengajar yang profesional dalam bidang pengajaran bagi siswa tunarungu, serta didukung dengan keadaan sekolah dan kelas yang kondusif untuk belajar. date: 2009-07-27 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-07-27 14:23:35 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--muhammadkh-2676-1-muhammad-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/54/digilib-uinsuka--muhammadkh-2676-1-muhammad-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3067 ; nama file lama : MUHAMMAD KHODDIK 04471211 STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SMPLB TUNARUNGU DI SLB YAPENAS CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA ; format file : application/pdf ; besar file : 1064761 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Muhammad Khoddik NIM. 04471211, (2009) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SMPLB TUNARUNGU DI SLB YAPENAS CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2956/1/BAB%20I%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2956/2/BAB%20II%2CIII.pdf