@phdthesis{digilib29564, month = {August}, title = {BIBLIOTERAPI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI TAMAN BACA MASYARAKAT CAKRUK PINTAR NOLOGATEN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 13220010 HAIRUNNISA BR SAGALA}, year = {2017}, note = {A Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si}, keywords = {Biblioterapi, Meningkatkan Motivasi Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29564/}, abstract = {HAIRUNNISA BR SAGALA (13220010), Biblioterapi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Remaja di Taman Baca Masyarakat Cakruk Pintar Nologaten Yogyakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Melihat fenomena sekarang yang sangat mudah terkontaminasi dengan arus teknologi yang begitu pesat, membuat gejolak remaja menuju hal-hal yang negatif sehingga menimbulkan motivasi belajar kurang baik. Kebanyakan motivasi belajar dipengaruhi faktor ekstrinsik seperti lingkungan dan suasana di sekitarnya. Namun pada akhirnya yang mampu meningkatkan motivasi belajar individu, kembali kepada diri sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahap-tahap biblioterapi dalam meningkatkan motivasi belajar remaja di Taman Baca Masyarakat Cakruk Pintar Nologaten Yogyakarta Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap objek yang diteliti. Adapun objek dalam penelitian ini adalah tahap-tahap biblioterapi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah pembina, ketua, dan 4 remaja. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mengolah data yang didapatkan selama proses penelitian baik melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian diinterprestasikan secara sistematis dalam bentuk laporan yang dibuat secara apa adanya sesuai keadaan sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap Biblioterapi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Remaja di Cakruk Pintar Nologaten Yogyakarta melalui beberapa tahap yaitu: identifikasi, pemilihan, presentasi dan tindak lanjut.} }