%0 Book Section %A Widayanti, Esti Yuli %B REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013 %C Yogyakarta %D 2013 %F digilib:29593 %I Mandiri Graffindo Press %K Perspektif Multiple Intelligences, Eksperimen SAINS, Demostrasi Discrepant Event %P 79-92 %T KEGIATAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM DEMONSTRASI DISCREPANT EVENTS UNTUK PENCAPAIAN SIKAP-PROSES-PRODUK SAINS DI SD/MI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29593/ %X Tulisan ini merupakan hasil kajian lebih lanjut terhadap hasil penelitian eksperimen yang telah dilakukan oleh penulis dengan judul Keefektifan Konflik Kognitif dalam Demonstrasi Discrepant Event untuk Pembelajaran Sains di SD/MI2 serta hasil-hasil penelitian sebelumnya yang membahas hal yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa demonstrasi discrepant event berpengaruh terhadap ketertarikan pada fenomena sains, kemampuan siswa melakukan eksperimen sains, serta sangat berpengaruh terhadap pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains. Ketiga aspek ini merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari hakikat sains serta pembelajaran sains yang mengacu pada pencapaian sikap ilmiah, ketrampilan proses, serta produk sains. Pencapaian hasil belajar sains ini didukung oleh kegiatan-kegiatan siswa dalam proses pembelajaran yang berbasis demonstrasi discrepant event yang tidak hanya terfokus pada satu jenis kecerdasan saja, dalam perspektif Multiple Intelligences (MI). Tulisan ini mengkaji: aspek-aspek apa saja dari hasil belajar sains yang terkait dengan MI, kegiatan demonstrasi discrepant event seperti apa yang merupakan kegiatan yang dapat meningkatakan MI, dan bagaimana multiple intelligent (MI) siswa dapat terasah melalui kegiatan demonstrasi discrepant event.