%0 Book Section %A Rahmawati, Fitri Puji %B REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013 %C Yogyakarta %D 2013 %F digilib:29595 %I Mandiri Graffindo Press %K pendidikan karakter, model pembelajaran menyenangkan, berbudaya jawa %P 148-160 %T PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DI KALANGAN SISWA PENDIDIKAN DASAR BERBUDAYA JAWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29595/ %X Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bentuk pendidikan karakter dengan model pembelajaran yang menyenangkan di lingkungan peserta didik sekolah Dasar berbudaya Jawa yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Metode yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan terlibat aktif dan wawancara mendalam dengan guru-guru dan siswa-siswa SD. Data yang terkumpul dianalisis dengan snowball technic of analysis model Milles Huberman. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa (1) pemahaman guru SD tentang pendidikan karakter belum luas, guru masih mendefinisikan pendidikan karakter dengan proses belajar mengajar yang di dalamnya ditumbuhkan karakter-karakter yang baik, misalnya: disiplin, bertanggung jawab, rajin, tenggang rasa, dll., (2) pemahaman siswa SD tentang pendidikan karakter sangat dangkal. Siswa SD hanya mengetahui bahwa di sekolah ada aturan-aturan yang jika dilanggar akan mendapat teguran sampai hukuman, (3) implementasi pendidikan karakter melalui model pembelajaran yang menyenangkan dilakukan oleh guru dengan memodifikasi pembelajaran nyanyian, permainan, dan nasihat yang mengarah ke budaya Jawa. Kata kunci : pendidikan karakter, model pembelajaran menyenangkan, berbudaya jawa