@incollection{digilib29599, month = {December}, author = {Laila Fatmawati}, booktitle = {REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013}, address = {Yogyakarta}, title = {PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR(REFLEKSI KURIKULUM 2013)}, publisher = {Mandiri Graffindo Press}, pages = {223--233}, year = {2013}, keywords = {pendekatan scientific, pembelajaran tematik}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29599/}, abstract = {Memasuki tahun 2013, dunia pendidikan di tanah air digemparkan dengan adanya wacana perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013. Pro dan kontra terus bermunculan, mulai dari uji publik sampai pada implementasi kurikulumnya, namun pemerintah optimis dengan adanya kurikulum 2013 ini mampu mengangkat prestasi anak-anak Indonesia, khususnya bidang sain, yang masih tertinggal jauh dengan negara-negara lain. Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern, yaitu siswa dilatih berpikir secara ilmiah dan mengedepankan penalaran. Untuk mendukung hal tersebut, pendekatan yang digunakan dalam kurikulum 2013 yaitu pendekatan scientific. Pendekatan scientific ini diyakini mampu mengembangkan pengetahuan, sotfskill dan karakter siswa secara bersamaan. Prosedur pendekatan scientific meliputi 8M yaitu mengamati, menanya menalar, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan. Pendekatan scientific mulai diterapkan pada jenjang pendidikan dasar. Tujuannya agar siswa sejak dini terlatih untuk berfikir logis dan ilmiah. Implementasi pendekatan scientific di SD tidaklah semudah yang dibayangkan, terlebih pada jenjang pendidikan dasar menggunakan pembelajaran tematik. Implementasi pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik di SD akan berhasil dengan baik apabila didukung kesiapan sumber daya manusianya yaitu guru dan siswa, serta didukung oleh sarana dan prasarana mampu memfasilitasi seluruh kebutuhan siswa. Kata kunci: pendekatan scientific, pembelajaran tematik} }