%A MYMY JAMILAH NIM: 05420065 %O Pembimbing : Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag %T POLA PEMANFAATAN MEDIA ELEKTRONIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PUSAT BAHASA, BUDAYA DAN AGAMA UIN SUNAN KALIJAGA %X Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pola penggunaan media eletronik dalam pembelajaran bahasa Arab di Pusat Bahasa, Budaya, dan Agama UIN Sunan Kalijaga serta untuk mengetahui apa saja faktor yang melatarbelakangi penggunaan media elektronik dalam pembelajaran bahasa Arab di Pusat Bahasa, Budaya, dan Agama UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah dosen pengajar bahasa Arab dan mahasiswa yang melakukan perkuliahan bahasa Arab di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama dengan menggunakan teknik sampel yaitu purposive sampling (sampel bertujuan), dan sumber data lain yaitu direktur Pusat Bahasa, Budaya dan Agama serta staf-stafnya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pola pemanfaatan media elektronik dalam pembelajaran bahasa Arab di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama ada tiga yaitu a). Pola pemanfaatan media elektronik dalam situasi pembelajaran di kelas. Dalam konteks ini, media elektronik digunakan sebagai alat bantu (teaching aids) untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran bahasa Arab. Pemanfaatan media elektronik dalam situasi kelas ini mengharuskan dosen untuk dapat mengintegrasikan media elektronik ke dalam rencana pembelajaran yang meliputi tujuan, materi, strategi, dan juga waktu yang tersedia. b). Pola pemanfaatan media elektronik secara terkontrol di Laboratorium Bahasa Multimedia. Dalam konteks ini, dosen dan mahasiswa terlebih dahulu mendiskusikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Selanjutnya mahasiswa dapat memanfaatkan media elektronik yang tersedia secara perorangan maupun berkelompok dengan pengawasan dosen. Sebagaimana pola pemenfaatan dalam situasi kelas, hasil belajar mahasiswa juga dievaluasi secara teratur oleh dosen. Pola interaksi lebih banyak melibatkan mahasiswa dengan media secara langsung, sedangkan peran dosen adalah menjadi fasilitator. c). Pola pemanfaatan media elektronik secara bebas di ruang self access center. Pemanfaatan media elektronik dalam pembelajaran bahasa Arab di ruang ini adalah melalui media internet (online) tanpa hadirnya dosen, dosen tidak lagi sebagai penyaji pelajaran, tidak membuat materi pembelajaran, dan tidak lagi menentukan nilai belajar mahasiswa. Kewajiban utama dosen adalah memberikan pengarahan, keteladanan, serta membangkitkan motivasi belajar kepada para mahasiswa. Adapun latar belakang penggunaan media elektronik dalam pembelajaran bahasa Arab di Pusat Bahasa Budaya dan Agama dipengaruhi oleh dua faktor yaitu internal dan eksternal dosen. Faktor internal dosen meliputi a). Persepsi dosen tentang media elektronik dalam pembelajaran bahasa Arab b). Penguasaan dosen terhadap media elektronik c). Tuntunan profesionalisme dan seni mengajar dosen. Sedangkan faktor eksternal yang melatar belakangi penggunaan media elektronik di Pusat Bahasa Budaya dan Agama adalah ketersediaan media elektronik tersebut. %K Pemanfaatan, Media Elektronik, Pembelajaran, Bahasa Arab, Pusat Bahasa Budaya, Agama, UIN Sunan Kalijaga %D 2009 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib2960