@incollection{digilib29604, month = {December}, author = {. Nadlifah}, booktitle = {REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013}, address = {Yogyakarta}, title = {REINTERPRETASI HADITS-HADITS PENDIDIKAN YANG BIAS GENDER}, publisher = {Mandiri Graffindo Press}, pages = {287--315}, year = {2013}, keywords = {Reinterpretasi, Hadits - Hadits pendidikan, bias gender}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29604/}, abstract = {Hadits dalam islam memiliki kedudukan sebagai sumber ajaran yang otoritatif, di samping al-Qur?an, yang ikut menentukan doktrin-doktrin teologis yang berkembang di kalangan umatnya. Hadits juga dapat mengungkap tradisi- tradisi yang berkembang pada masa rasulullah dan budaya yang khas masyarakat arab yang patriakhi (bukan diperkenalkan oleh Islam). Masih sering kita jumpai hadits- hadits yang arti harfiahnya mendukung pandangan-pandangan ?misoginis? yang merendahkan perempuan dan diterima oleh banyak umat Islam sehingga menjadi pandangan budaya ,yang mempengaruhi relasi gender. Karena itu, menjadi penting mengkaji ulang hadits- hadits tersebut agar tidak terjadi bias gender (tidak ramah terhadap prempuan). Kata Kunci: Reinterpretasi, Hadits- Hadits pendidikan, bias gender} }