TY - CHAP CY - Yogyakarta ID - digilib29604 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29604/ A1 - Nadlifah, . Y1 - 2013/12/01/ N2 - Hadits dalam islam memiliki kedudukan sebagai sumber ajaran yang otoritatif, di samping al-Qur?an, yang ikut menentukan doktrin-doktrin teologis yang berkembang di kalangan umatnya. Hadits juga dapat mengungkap tradisi- tradisi yang berkembang pada masa rasulullah dan budaya yang khas masyarakat arab yang patriakhi (bukan diperkenalkan oleh Islam). Masih sering kita jumpai hadits- hadits yang arti harfiahnya mendukung pandangan-pandangan ?misoginis? yang merendahkan perempuan dan diterima oleh banyak umat Islam sehingga menjadi pandangan budaya ,yang mempengaruhi relasi gender. Karena itu, menjadi penting mengkaji ulang hadits- hadits tersebut agar tidak terjadi bias gender (tidak ramah terhadap prempuan). Kata Kunci: Reinterpretasi, Hadits- Hadits pendidikan, bias gender PB - Mandiri Graffindo Press KW - Reinterpretasi KW - Hadits - Hadits pendidikan KW - bias gender SN - 978-979-1921-02-7 TI - REINTERPRETASI HADITS-HADITS PENDIDIKAN YANG BIAS GENDER SP - 287 AV - public EP - 315 T2 - REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013 ER -