TY - CHAP CY - Yogyakarta ID - digilib29614 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29614/ A1 - Sulistya, Wiwit Y1 - 2013/12/01/ N2 - Kurikulum merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di indonesia. Melalui kurikulum yang baru diharapkan dapat memperbaiki kurikulum yang sudah ada. Namun dalam pergantian kurikulum terdapat berbagai masalah. Salah satu masalah yang dihadapi adalah pada guru. Banyak guru yang belum paham mengenai kurikulum yang baru. Sehingga memerlukan pelatihan dan pemahaman yang lebih terutama bagi guru yang sudah usis lanjut. Penelitian ini bermaksud mengungkap bagaimana usaha yang dilakukan guru dalam menghadapi kurikulum serta memberikan solusi pada permasalahan tersebut dengan mengadakan pelatihan serta memberikan masukan kepada kepala sekolah untuk memberikan pemahaman, pendampingan serta memberikan motivasi kepada guru. Kata Kunci: guru, kurikulum, peserta didik, mata pelajaran. PB - Mandiri Graffindo Press KW - guru KW - kurikulum KW - peserta didik KW - mata pelajaran SN - 978-979-1921-02-7 TI - IMPLIKASI PERGANTIAN KURIKULUM 2013 PADA GURU DI SMP N 4 KARANGANOM JATINOM SP - 316 AV - public EP - 331 T2 - REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013 ER -