eprintid: 2962 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/29/62 datestamp: 2012-08-08 14:31:46 lastmod: 2017-03-16 02:06:17 status_changed: 2012-05-04 16:43:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Neni Humairoh Sa'adah NIM 04471140, title: MANAJEMEN PERSONALIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Pada SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Manajemen, Personalia, Mutu Pendidikan note: Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M. Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan personalia para karyawan dari mulai pengadaan, pengangkatan, penempatan, pembinaan, dan pemberhentian personalnya dalam upaya meningkakan mutu pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi manajemen personalia di dunia pendidikan, khususnya tentang bagaimana pengelolaan personalia dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan yang ada di sekolah, serta faktor pendukung dan penghambat perkembangan manajemen personalia. Objek penelitian adalah Kepala SMP, para guru SMP, staf tata usaha SMP, tenaga fungsional kependidikan (pustakawan), dan tenaga teknis kependidikan (laboran) SMP Muhammadiyah 3 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif-analitik yaitu metode yang digunakan untuk menyusun data yang telah dikumpulkan, dijelaskan dan kemudian dianalisa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam manajemen personalia di SMP Muhammadiyah 3 Depok ini yang mencangkup pengelolaan personil yang diartikan sebagai proses kegiatan untuk mengisi formasi yang lowong, mulai dari perekrutan, pengangkatan, penempatan, pembinaan, sampai dengan pemberhentian personil. 2) Upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 Depok telah maksimal diwujudkan menurut standarisasi yang diberlakukan oleh kepala sekolah dan pihak yayasan Muhammadiyah, yang meliputi pembinaan rutin bisa dilakukan dengan breafing. Sedangkan idikator peningkatan mutu yang terlihat di sekolah ini adalah terpenuhinya tenaga pengajar, kedisiplinan pendidik, kedisiplinan para siswa, saran dan fasilitas yang memadai, prestasi siswa yang diraih dalam berbagai perlombaan dan prestasi belajar di daerah istimewa Yogyakarta, namuan juga termasuk bagian dari peningkatan mutu output yang beberapa siswa yang diterima di sekolah-sekolah favorit di Yogyakarta. 3) Faktor pendukung perkembangan manajemen personalia di sekolah ini yaitu sarana dan prasarana yang memadai, dan lingkungan dan masyarakat yang mendukung kearah kebaikan, serta kualitas SDM sebagian besar ahli dibidangnya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya personil tata usaha dan perpustakaan serta laboran yang memang belum ada personilnya. date: 2009-07-27 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-07-27 15:21:28 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nenihumair-2682-1-nenihum-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/54/digilib-uinsuka--nenihumair-2682-1-nenihum-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3073 ; nama file lama : NENI HUMAIROH SAADAH 04471140 MANAJEMEN PERSONALIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 963626 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Neni Humairoh Sa'adah NIM 04471140, (2009) MANAJEMEN PERSONALIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Pada SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2962/1/BAB%20I%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2962/2/BAB%20II%2CIII.pdf