TY - JOUR ID - digilib29644 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29644/ IS - No. 3 A1 - NURROHMAH, - A1 - SUBIYANTORO, - A1 - dkk, . N2 - Kajian dalam penelitian ini berusaha mengungkap mengenai bagaimana peluang yang ada dalam kurikulum 2013 dalam membentuk konsep diri religius peserta didik, sebagai kontribusi pendidikan di sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang kemunculan proses pendidikan karakter keimanan siswa sebagai implikasi adanya KI-1 dan pendidikan karakter sosial sebagai implikasi KI-2 dalam Indirect Teaching di kelas dalam penerapan kurikulum 2013, serta mengetahui strategi penguatannya di SMA uhammadiyah 1 dan SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Pembentukan karakter diri eimanan dalam Indirect Teaching pada kedua sekolah \ni, sama-sama belum tampak muncul dalam konteks pembelajaran di kelas. Strategi penguatan implementasi kurikulum 2013 dalam membangun karakter !man dan Sosial pada ke dua sekolah ini, dapat terlihat melalui kegiatan di sekolah yang bersifat kultural dengan titik tekan dan karakteristik yang berbeda. Karakter Iman terbangun melalui kegiatan yang terkait dengan kegiatan keagamaan, sedangkan karakter sosial seperti kedisiplinan, patriotisme, kekeluargaan, dan keramahan . juga terbangun dalam kegiatan kultural di sekolah. Kata Kunci: Indirect Teaching, karakter keimanan dan sosial, kurikulum 2013 VL - Vol. 3 TI - STUDI PROSES INDIRECT TEACHING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DIRI KEIMANAN DAN SIKAP SOSIAL (Kajian Komparatif-Implementatif Pembelajaran Kurikulum 2013 Perspektif Sosiologi Pendidikan Di SMA Muhammadiyah I dan SMA BOPKRI I Yogyakarta) AV - public EP - 129 Y1 - 2015/10/02/ PB - Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang JF - Progres : Jurnal Pendidikan Agama Islam KW - Indirect Teaching KW - karakter keimanan dan sosial KW - kurikulum 2013 SN - 2338-6878 SP - 107 ER -