@phdthesis{digilib29657, month = {August}, title = {STRATEGI PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) TEGALSARI, KOTA TEGAL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 13720024 NOVISCA FAURY MONICA}, year = {2017}, note = {Dr. Sabarudin, M.Si}, keywords = {Sanggar Kegiatan Belajar, Strategi Pengembangan, Kelembagaan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29657/}, abstract = {Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Tegal merupakan salah satu lembaga pendidikan nonformal yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial. Terdapat berbagai macam program yang ada pada SKB Kota Tegal. Program-program tersebut dapat membantu masyarakat baik dalam bidang pendidikan, kreatifitas dan juga sosial. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan yang digunakan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Tegal. Lokasi penelitian berada di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal, Kota Tegal. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini yaitu teori organisasi menurut Gibson at.all. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Subyek dari peneilitian ini adalah Kepala SKB, Guru Sosiologi, Warga Belajar Paket A, Warga Belajar Paket B, dan Warga Belajar Paket C. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan yang digunakan oleh Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Tegal yaitu 1)Adanya Pengembangan Sumber Daya Manusia, 2)Program-Program Kreatif, 3)Adanya Pengembangan Sarana dan Prasarana, 4)Rekruitmen Pengelola pada SKB Kota Tegal, 5)Adanya Kerjasama dengan Instansi atau Lembaga lain, 6)Hubungan Soaial di Masyarakat, dan 7)Status Kepemilikan SKB Kota Tegal.} }