relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2966/ title: SISTEM PENILAIAN UNJUK KERJA (PERFORMANCE) DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) REMASTIN DEPOKAN KOTAGEDE YOGYAKARTA creator: MOCH TAUFIQ RIDHO - NIM. 05410062, subject: Pendidikan Agama Islam description: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem penilaian pembelajaran Akidah Akhlak terutama dalam penerapan penilaian unjuk kerja (performance) di Taman Pendidikan Al-Qur'¢an (TPA) Remastin Depokan Kotagede Yogyakarta yang meliputi persepsi guru Akidah Akhlak TPA Remastin Depokan Kotagede Yogyakarta tentang penilaian unjuk kerja, aplikasinya dalam menerapkan penilaian unjuk kerja, serta hasil penerapannya. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan penilaian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data TPA Remastin Depokan Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memberi arti, makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dalam skripsi ini menggunakan teknik triangulasi yakni dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, sebelum melaksanakan penilaian, yang perlu dipersiapkan guru adalah menentukan tujuan penggunaan penilaian unjuk kerja (performance). Setelah itu membuat perangkat pembelajaran sebagai acuan dalam menentukan kriteria penilaian unjuk kerja (performance) agar dapat sesuai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Dalam pelaksanaannya guru harus menyiapkan langkah-langkah penilaian, baik persiapan, pengambilan keputusan dan pelaporan hasil unjuk kerja (performance). Kedua, penilaian yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak dapat ditinjau dari segi proses dan hasil. Tinjauan proses artinya guru menilai keseriusan siswa dalam melaksanakan penilaian unjuk kerja (performance). Sedangkan tinjauan hasil guru menilai kemampuan siswa berdasarkan kemampuan siswa mendemonstrasikan kompetensi dasar pada materi pokok tertentu. Kriteria penilaian masih berada ditangan guru, sehingga siswa dan pihak lain tidak dapat menilai kriteria secara pasti. Kendala utama dalam penerapan penilaian unjuk kerja (performance) adalah alokasi waktu sangat terbatas serta kurangnya minat dalam rumpun Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam hal ini mata pelajaran Akidah Akhlak. Sedangkan faktor pendukung dalam penilaian ini adalah adanya peran aktif dari peserta didik dalam proses pembelajaran, ketercapaian kompetensi dasar sesuai dengan tujuan pembelajaran serta perkembangan dan perubahan dalam paradigma penilaian. date: 2009-07-28 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2966/1/BAB%20I%2CIV.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2966/2/BAB%20II%2CIII.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2966/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2966/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2966/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2966/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2966/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2966/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2966/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2966/10/small.jpg identifier: MOCH TAUFIQ RIDHO - NIM. 05410062, (2009) SISTEM PENILAIAN UNJUK KERJA (PERFORMANCE) DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) REMASTIN DEPOKAN KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.