@mastersthesis{digilib29694, month = {August}, title = {FAKTOR-FAKTOR INVESTASI PESERTA ASURANSI UNIT LINK SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 1520311008 ZAHIROTUL KAMILIYAH, SSI}, year = {2017}, note = {Dr. H. Syafiq M. Hanafi., M.Ag.}, keywords = {Asuransi Syariah, investasi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29694/}, abstract = {Perkembangan industri asuransi syariah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Ditambah semakin banyaknya produk inovasi yang ditawarkan perusahaan asuransi syaraih. Salah satu produk yang sedang marak adalah produk asuransi unit link dimana produk ini menggabungkan antara manfaat proteksi asuransi jiwa dan juga manfaat investasi. Faktor yang dipertimbangkan peserta untuk mengambil produk ini, yaitu faktor investasi klasik, faktor religius, dan juga faktor proteksi diteliti sebagai masukan bagi perkembangan industri asuransi secara umum. Penelitian ini dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan harapan memperoleh sampel (peserta asuransi unit link syariah) yang lebih multikultur. Metode yang digunakan adalah sequential explanaroty, yaitu menggunakan teknik kuantitatif yang dikuatkan dan diperdalam dengan data kualitatif. Data kuantitatif (kuesioner dengan skala likert 1 s/d 4) didapatkan dalam kurun waktu Januari 2017 hingga Juni 2017, sedangkan data kualitatif wawancara pada November 2017 dan observasi berperan serta Agustus 2014 hingga April 2017. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang paling dipertimbangkan oleh peserta adalah faktor religius (nilai 3,1), sedangkan faktor lain yaitu faktor investasi klasik (nilai 3,0), dan faktor proteksi (nilai 3,0). Aspek tertinggi self image (nilai 3,3) dan aspek terendahnya neutral information (nilai 2,7). Item yang paling dipertimbangkan adalah item reputasi perusahaan (nilai 3,4) dan item terendah adalah memperhatikn inflasi (nilai 2,3). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa industri asuransi syariah diharapkan lebih meningkatkan spesifikasi produk yang terkait dengan faktor agama islam dan juga meningkatkan reputasi baik perusahaan agar lebih menarik banyak peserta. Bagi peneliti selanjutnya juga akan sangat bagus apabila penelitian ini dikembangkan menjadi penelitian analisis pengaruh faktor-faktor agar lebih terlihat model pengaruhnya dan dapat menjadi masukan yang lebih besar bagi industri asuransi dalam merancang spesifikasi produk.} }