%0 Thesis %9 Skripsi %A ALFIYAN RUSWANTO, NIM. 12490023 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2017 %F digilib:29757 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Mutu Pendidikan, Program Apresiasi Guru PAI Berprestasi %T ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM APRESIASI GURU PAI BERPRESTASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK PADA BIDANG PAIS DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL TAHUN 2015 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29757/ %X Alfiyan Ruswanto. Analisis Kebijakan Program Apresiasi Guru PAI Berprestasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berjenis kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptis analitis Pengumpulan datanya dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam upaya peningkatan kualitas PAI sangat diperlukan sebuah pengelolaan pendidikan yang profesional, sehingga mampu mengelola pendidikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan yang ingin dicapai, upaya sekolah dalam peningkatan kualitas PAI merupakan sebuah proses awal yang dilakukan setelah mengalami berbagai permasalahan yang menuntut para pengelola berusaha untuk mempertahankan agar sekolah yang bernuansa Islamiyah tetap hidup dan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat di bidang pendidikan. Salah satu upaya dalam meningkatan kualitas PAI disekolah, baik sekolah umum ataupun Islamiyah yaitu melalui Program Apresiasi Guru PAI Berprestasi. Yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama khususnya dalam hal ini wilayah Kabupaten Bantul. Program Apresiasi ini dirasa sangat efektif bagi peningkatan mutu pendidik khususnya Guru PAI, ini bisa dilihat dari antusiasnya Guru-guru PAI dalam mempersiapkan Karya Ilmiah yang akan diperlombakan dalam program ini. Para Guru PAI secara serius mengasah diri dan aktif menggali ilmu dalam proses peningkatan kualitas diri. Program ini pun secara tidak langsung berdampak positif bagi peserta didik, hal ini dapat dilihat dari makin banyaknya peserta didik yang berprestasi dalam bidang PAI. %Z Dr. Imam Machali, S.Pd.I.,M.Pd.