eprintid: 29768 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/97/68 datestamp: 2018-04-09 02:07:08 lastmod: 2018-04-09 02:07:08 status_changed: 2018-04-09 02:07:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: BASIT YUDHA NUGRAHA, NIM. 13490025 title: MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 KAMPUNG LAUT CILACAP JAWA TENGAH) ispublished: pub subjects: mkpi divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Manjemen, Peserta Didik, Motivasi Belajar note: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si. abstract: Basit Yudha Nugraha, Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar (Studi: SMP Negeri 1 Kampung Laut Cilacap Jawa Tengah). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan pendidikan formal yang masih diiringi dengan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Perlu adanya pengelolaan manajemen peserta didik agar motivasi untuk belajar meningkat. SMP Negeri 1 Kampung Laut Cilacap Jawa Tengah merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang ada di Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, di bidang akademik sekolah tersebut bisa dikatakan memiliki tingkat motivasi peserta didik dalam belajar relatif rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik, mengetahui bagaimana penerapan Manajemen Peserta Didik, mengetahui bagaimana cara meningkatkan Motivasi Belajar, mengetahui hasil dari penerapan Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar SMP Negeri 1 Kampung Laut Cilacap Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Kampung Laut Cilacap Jawa Tengah. Peneliti menggunakan purposive sampling dalam menentukan subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah SMP Negeri 1 Kampung Laut Cilacap Jawa Tengah membuat rancangan untuk meningkakan motivasi belajar peserta didik. Rencana yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan melaksanakan program litesi sekolah yang dilakukan setiap pagi sebelum KBM dan meningkatkan tingkat kedisiplinan guru dan peserta didiknya sebagai upaya penunjang dalam meningkatknya motivasi belajar peserta didik. hasil yang diperoleh sekolah tersebut dengan rancangan oleh kepala sekolah mengalami peningkatan yang cukup signifikan 1) Dilihat dengan peserta didik yang awalnya bermalas-malasan dalam mengikuti pelajaran di kelas, 2) tidak mengerjakan tugas, mengobrol sendiri dengan teman sebangku 3) berangkat sekolah masih terlambat sekarang sudah tidak melakukan hal-hal tersebut. Dari kelas VII, VII dan IX lebih banyak dari kelas VII yang berminat membaca tentang novel dan ceprepen skitar dari setengah dari jumlah peserta didik yang ada di kelas yaitu 20 peserta didik, untuk kelas VIII dan IX lebih suka untuk membaca buku-buku non fiksi ada lebih dari setengah dari masing-masing jumlah peserta didik yang ada di kelas yaitu 24 untuk kelas VIII dan 25 untuk kelas IX kelas. date: 2017-08-11 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: BASIT YUDHA NUGRAHA, NIM. 13490025 (2017) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 KAMPUNG LAUT CILACAP JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29768/2/13490025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29768/1/13490025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf