relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29776/ title: PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (READING GROUPS) SEBAGAI PROGRAM PENUNJANG KURIKULUM TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA DI SDIT LUQMAN HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA creator: FINA NOOR AMALINA, NIM. 13490043 subject: Manajemen Keuangan Syariah description: Fina Noor Amalina. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (Reading Groups) sebagai Program Penunjang Kurikulum terhadap Peningkatan Kompetensi Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap program-program penunjang kurikulum di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan program Reading Groups terhadap peningkatan kompetensi berpikir kritis dan kreatif siswa SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dilaksanakan di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta dengan populasi sebanyak 360 siswa. responden yang digunakan sebanyak 195 siswa (54%) dengan penarikan sampel berdasarkan pada kaidah probability sampling dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner. Teknik analisis data dengan teknik analisis korelasi regresi, korelasi multivariate serta korelasi kanonik dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 24. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat pelaksanaan gerakan literasi sekolah (reading groups) di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta tergolong sudah efektif. Dinyatakan dalam hasil analisis frekuensi pelaksanaan reading groups, 76,4% siswa mengonfirmasi bahwa pelaksanaan reading groups sudah efektif. (2) Tingkat kompetensi berpikir kritis siswa SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta tergolong sudah tinggi. Dinyatakan dalam hasil analisis frekuensi kompetensi berpikir kritis siswa, 65,1% siswa memiliki kompetensi berpikir kritis yang tinggi. Sedangkan tingkat kompetensi berpikir kreatif siswa SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta tergolong masih rendah. Dinyatakan dalam hasil analisis frekuensi kompetensi berpikir kreatif siswa, 54,4% siswa memiliki kompetensi berpikir kreatif yang rendah. (3) Secara keseluruhan, pelaksanaan reading groups berpengaruh positif terhadap kompetensi berpikir kritis sebesar 47,6% pada tingkat korelasi kuat yaitu 0,689 dan berpengaruh terhadap kompetensi berpikir kreatif siswa sebesar 41,8% pada tingkat korelasi yang kuat juga yaitu 0,646. date: 2017-08-11 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29776/2/13490043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29776/1/13490043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: FINA NOOR AMALINA, NIM. 13490043 (2017) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (READING GROUPS) SEBAGAI PROGRAM PENUNJANG KURIKULUM TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA DI SDIT LUQMAN HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.