@unpublished{digilib29872, month = {December}, title = {PERAN ORANGTUA DALAM SELF-EFFICACY AKADEMIK TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 12220113 ASMAH LINTANG PURNAMASARI}, year = {2018}, note = {Drs. H. Abdullah, M.Si.}, keywords = {peran orangtua, self-efficacy, penyesuaian diri}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29872/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam Self-efficacy akademik terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Subyek yang dikenai tindakan adalah guru, siswa dan orang tua siswa di SMP Negeri 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dilanjutkan dengan teknik wawancara yang merupakan tenik utama dalam penelitian ini. Penelitian ini juga menggunakan teknik dokumentasi untuk melengkapi hasil dari teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam self efficacy akademik terhadap penyesuaian diri akademik terhadap penyesuaian diri siswa adalah guru bimbingan dan konseling mampu berperan dalam melaksanakan tugasnya sebagai konselor dalam meningkatkan layanan bimbingan konseling di sekolah terutama melalui tindak lanjut penyelesaian masalah melalui terapi, dan konselor juga dituntut mampu menguasai teknik terapi apapun, dalam meningkatkan perkembangan peserta didik di sekolah. Dalam penelitian ini yang menjadi peran orang tua adalah sebagai motivator, sebagai fasilitator, dan sebagai komunikator} }