eprintid: 29886
rev_number: 11
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/02/98/86
datestamp: 2018-04-23 05:59:19
lastmod: 2018-04-23 05:59:19
status_changed: 2018-04-23 05:59:19
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: DEVI CHAIRIZA HADI, NIM. 14240020
title: STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERBASIS EKONOMI KREATIF DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS HADI SUKIRNO LEATHER WORK AND HANDYCRAFT) TAHUN 2017
ispublished: pub
subjects: M
divisions: jur_md
full_text_status: restricted
keywords: Strategi Pengembangan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah,
Ekonomi Kreatif
note: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.
abstract: Devi Chairiza Hadi, 14240020, Strategi Pengembangan Usaha Mikro
Kecil dan Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif di Yogyakarta (Studi Kasus Hadi
Sukirno Leather Work and Handycraft Tahun 2017, Program Studi Manajemen
Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Latar belakang penelitian ini adalah UMKM di Yogyakarta semakin
meningkat, persaingan semakin ketat, dan teknologi semakin berkembang,
sedangkan ekonomi kreatif di Indonesia memiliki potensi besar untuk terus
dikembangkan. Ekonomi kreatif dapat digunakan untuk mempertahankan usaha
dengan cara menciptakan inovasi dan kreasi atas produk yang dipasarkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengembangan
UMKM berbasis ekonomi kreatif di Hadi Sukirno Leather Work and Handycraft.
Tujuan penelitian ini adalah pertama, mengkaji strategi yang dilakukan oleh Hadi
Sukirno Leather Work and Handycraft dalam mengembangkan UKM berbasis
ekonomi kreatif. Kedua, mendeskripsikan hasil yang dicapai dari pengembangan
UKM berbasis ekonomi kreatif oleh Hadi Sukirno Leather Work and Handycraft.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
mengumpulkan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi yang akan
dianalisis. Triangulasi yang digunakan adalah triangulias sumber dan triangulasi
teknik.
Hasil penelitian ini adalah Hadi Sukirno Leather Work and Handycraft
menerapkan beberapa strategi untuk mengembangkan usahanya. Strategi
pengembangan tersebut meliputi pengembangan sistem yang merupakan temuan
baru dalam penelitian ini dengan melakukan briefing setiap pagi, pengembangan
teknologi juga merupakan temuan baru dalam penelitian ini dengan menerapkan
sistem digitalisasi dengan menggunakan google project, strategi produk dengan
memberikan inovasi dan kreasi dari setiap produk Hadi Sukirno Leather Work
and Handycraft, strategi promosi dengan menggunakan personal selling dan
media online yaitu website, FBS, google net, strategi penjualan dengan melakukan
open reseller, dan strategi distribusi dengan menggunakan kurir dari Hadi Sukirno
Leather Work and Handycraft.
date: 2018-01-11
date_type: published
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   DEVI CHAIRIZA HADI, NIM. 14240020  (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERBASIS EKONOMI KREATIF DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS HADI SUKIRNO LEATHER WORK AND HANDYCRAFT) TAHUN 2017.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29886/2/14240020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29886/1/14240020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf