eprintid: 29903 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/99/03 datestamp: 2018-04-23 06:23:33 lastmod: 2018-04-23 06:23:33 status_changed: 2018-04-23 06:23:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ITA RUFIYATI, NIM. 14240079 title: MANAJEMEN FUNDRAISING DI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: M divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Manajemen, Fundraising, Analisis SWOT note: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd. abstract: BMH) Yogyakarta, Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemiskinan merupakan masalah yang telah lama terjadi di Indonesia, adapun peran pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan belum terlihat signifikan. Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia seharusnya sudah bisa memanfaatkan potensi zakat infaq dan sedekah. Maka disinilah peran Lembaga Pengelola Zakat sangat dibutuhkan, apabila dana zakat infaq dan sedekah ini dapat dihimpun secara maksimal maka akan membantu mengurangi jumlah kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan manajemen fundraising di Baitul Maal Hidayatullah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan dan sumber data. Bedasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa penerapan manajemen fundraising berupa perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan analisis SWOT. perencanaan dilakukan berdasarkan rapat kerja nasional, kemudian rapat kerja wilayah dan rapat kerja daerah. Metode pelaksanaan fundraising menggabungkan dua metode yaitu direct fundraising dan indirect fundraising, sedangkan pelaksanaannya dilakukan dengan tujuh cara yaitu: door to door, penjemputan donasi rutin, menjaga konsistensi donatur, kotak amal, special event, campaign, dan terakhir CSR perusahaan. Adapun evaluasi dilakukan dengan dua tahap yakni mingguan dan bulanan. Faktor pendukung kegiatan fundraising berupa kedermawanan masyarakat Yogyakarta, sedangkan faktor penghambat berasal dari internal dan eksternal lembaga. Analisis SWOT pada penelitian ini dipakai sebagai alat bantu dalam menentukan langkah-langkah strategis yang bisa diambil Baitul Maal Hidyatullah Yogyakarta dalam memaksimalkan kegiatan fundraising. Adapun strategi yang diambil adalah SO (Strenght Opportunities). date: 2018-01-11 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ITA RUFIYATI, NIM. 14240079 (2018) MANAJEMEN FUNDRAISING DI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29903/2/14240079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29903/1/14240079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf