%0 Report %9 Project Report %A Kuswidi, Iwan %C Yogyakarta %D 2017 %F digilib:29906 %I UIN Sunan Kalijaga %K Literasi Matematika %T IDENTIFIKASI LITERASI MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29906/ %X Laporan Penelitian dengan judul “Identifikasi Literasi Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah” merupakan salah satu penelitian eksplorasi di lapangan yang meneliti/memetakan sejauh mana kemampuan literasi matematika siswa di madrasah tsanawiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan literasi matematika siswa madrasah tsanawiyah di Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-eksploratif. Populasinya adalah siswa MTs di kabupaten Bantul, sedangkan yang menjadi sampel adalah 123 siswa kelas VIII di dua madrasah tsanawiyah. Adapun pengumpulan data menggunakan tes literasi matematis, Terhadap data yang terkumpul dilakukan analisis deskriptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Secara keseluruhan, rata-rata kemampuan literasi matematika siswa madrasah tsanawiyah di Bantul adalah sedang; (2) secara umum kemampuan literasi matematika siswa madrasah tsanawiyah di Bantul baru dapat mencapai level 2; (3) ada sejumlah siswa yang kemampuan literasi matematikanya melebihi level 2 yaitu: sejumlah 49,59% siswa dapat mencapai level 3, sejumlah 18,7% siswa dapat mencapai level 4, sejumlah 22,76% siswa dapat mencapai level 5, dan sejumlah 16,26% siswa dapat mencapai level 6; (4) Secara lebih rinci, terdapat sejumlah 24,38% siswa yang belum memiliki kemampuan literasi matematika level 2. Kata kunci: literasi matematika, madrasah tsanawiyah