@phdthesis{digilib2995, month = {July}, title = {EKSPERIMENTASI MEDIA BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN KITABAH DI MTsN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { H. AHMAD HIFNI NIM. 04420876}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Nurhadi, S. Ag. MA}, keywords = {Eksperimentasi, Media, Komputer, Pembelajaran, Kitabah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2995/}, abstract = { ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kemampuan kitabah siswa kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan media berbasis komputer) dengan kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan media berbasis komputer). Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kitabah siswa kelas IX di MTsN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX A dan B MTsN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 46 siswa, yang terdiri atas dua kelas yaitu, kelas IX A sebagai kelas kontrol sejumlah 23 siswa, dan kelas IX B sebagai kelompok eksperimen sejumlah 23 siswa juga. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan pengkajian instrumen dalam rangka menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabelitas, uji validitas yang dipakai adalah uji validitas rumus korelasi product moment karl pearson sedangkan untuk uji reliabelitas dengan menggunakan rumus alpha, persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus one sample kolmogorof-smirnov-z, sedangkan uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan rumus analisis varians. Analisis untuk pengujian hipotesis yang dipakai berupa analisis statistik dengan menggunakan rumus uji {\~A}?{\^a}??{\r A}?t{\~A}?{\^a}??{\^A}. Berdasarkan hasil analisis uji {\~A}?{\^a}??{\r A}?t{\~A}?{\^a}??{\^A} disimpulkan bahwa {\~A}?{\^a}??{\r A}?Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan kitabah antara siswa kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan media berbasis komputer) dengan kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan media berbasis komputer){\~A}?{\^a}??{\^A}. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata post test untuk kelompok eksperimen sebesar 66.78, sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata post test sebesar 60.04. Dari rata-rata peningkatan kemampuan kitabah tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan lebih tinggi, yakni sebesar 15.04, sedangkan untuk kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata peningkatan sebesar 5.70. Dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok menunjukkan bahwa media berbasis komputer dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar kitabah dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih media pembelajaran kitabah. } }