TY - THES N1 - Muhsin Kalida, S.Ag., MA., ID - digilib29952 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29952/ A1 - DONNY ADHI CANDRA, NIM. 13220060 Y1 - 2017/11/24/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah adanya siswa yang masih mengalami konsentrasi belajar rendah yaitu siswa yang tidak bisa mengesampingkan semua hal yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran meliputi siswa ramai di kelas, siswa tidur di kelas, dan siswa tidak mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis layanan bimbingan dan konseling untuk mengatasi konsentrasi belajar rendah siswa di MTsN 4 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah dua guru bimbingan dan konseling, dan empat siswa kelas VIII pada tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah jenis layanan bimbingan dan konseling untuk mengatasi konsentrasi belajar rendah siswa MTsN 4 Bantul. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK dalam mengatasi konsentrasi belajar rendah siswa MTsN 4 Bantul menggunakan layanan bimbingan belajar, layanan informasi, layanan konseling individu, dan layanan konseling kelompok. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Bimbingan dan Konseling KW - Konsentrasi Belajar Rendah. M1 - skripsi TI - BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGATASI KONSENTRASI BELAJAR RENDAH SISWA MTSN 4 BANTUL AV - restricted EP - 105 ER -