%0 Thesis %9 Skripsi %A ANGGI IKAPUTRI GUSRATNA, NIM. 13220085 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2017 %F digilib:29954 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Bimbingan Klasikal, Meningkatkan Kerjasama. %P 90 %T BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKATKAN KERJASAMA SISWA KELAS VIII E MTSN 1 YOGYAKARTA SKRIPSI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29954/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode bimbingan klasikal dalam meningkatkan kerjasama siswa di MTsN 1 Yogyakarta dan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode apa yang digunakan guru BK pada bimbingan klasikal dalam meningkatkan kerjasama siswa kelas VIII E MTsN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan tiga siswa kelas VIII E yang dianggap kerjasamanya kurang baik. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah metode bimbingan klasikal yang dilakukan guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kerjasama siswa kelas VIII E MTsN 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan klasikal dalam meningkatkan kerjasama dengan mengunakan metode home room, diskusi kelompok, pelajaran bimbingan dan kelompok kerja. %Z Nailul Falah, S.Ag, M.Si