%A NIM. 13220102 MUHAMMAD MINANURROHMAN %O Dr. Irsyadunnas, M.Ag. %T BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTSN 10 SLEMAN YOGYAKARTA %X Waktu remaja adalah kesempatan yang sangat bagus untuk belajar baik disekolah atau diluar sekolah. Pada usia remaja bisa dikatakan sebagai masa pencarian jati diri yang mana pada usia tersebut proses belajar sangat di utamakan untuk bisa menuju ke jenjang yang lebih tinggi dan membentuk karir mereka sejak dini serta dalam menghadapi permasalahan yang ada dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap pelaksanaan yang digunakan guru BK dalam melakukan bimbingan klasikal untuk meningkatkan motivasi belajar siswa MTsN 10 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah koordinator guru BK, siswa. Sedangkan rumusan dalam penelitian ini adalah proses pelaksanaan bimbingan klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTsN 10 Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentsi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan bimbingan klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 10 Sleman Yogyakarta meliputi dari empat tahap yaitu: 1. Perencanaan kegiatan, 2. Pengorganisasian, 3. Pelaksanaan, 4. Tindak lanjut %K Bimbingan Klasikal, Motivasi Belajar, Siswa %D 2018 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib29955