relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2997/ title: PEMBELAJARAN PERAWATAN JENAZAH MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA PIRI I YOGYAKARTA creator: ANDY AINUN NAJIB, NIM.: 05410057 subject: Pendidikan Agama Islam subject: Pendidikan description: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pemilihan strategi guru yang kurang bervariasi yaitu dengan menggunakan strategi tanya jawab dan dibantu dengan media elektronika. Model pembelajaran yang diterapkan guru adalah pemutaran film atau video dengan evaluasi akhir pembelajaran yaitu menyimpulkan secara bersama inti sari yang terkandung di dalam film atau video tersebut. Siswa lebih cenderung senang dengan pemutaran film atau video ketimbang materi pelajarannya yang berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar diantaranya: Mendeskripsikan penerapan metode group investigation dalam pembelajaran perawatan jenazah. Untuk mengetahui perkembangan siswa dalam aspek minat dan perhatian, partisipasi dan tingkat percaya diri siswa serta untuk megetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA PIRI I Yogyakarta dalam menguasai materi perawatan jenazah. Penelitian ini bersifat kualitatif yang mana pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipatif, wawancara secara mendalam, dokumentasi dan tes obyektif. Analisis data meliputi analisis deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi, uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode group investigation pada siswa kelas XI IPS 2 SMA PIRI I Yogyakarta dilakukan sebanyak tiga siklus yang dilaksanakan sesuai prosedur dengan baik dan benar yaitu mulai dari menyeleksi materi, menginvestigasi, presentasi, dan evaluasi. (2) Ada peningkatan kemampuan siswa meliputi; a) Aspek minat dan perhatian, siswa lebih antusias dan lebih siap menerima pelajaran. b) Aspek partisipasi siswa lebih baik, hal ini dibuktikan kondisi kelas yang aktif, secara keseluruhan siswa sudah menyumbangkan ide-idenya untuk memecahkan permasalahan yang ada. c) Aspek percaya diri, siswa lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapat, menjawab, bertanya maupun menyanggah pendapat temannya. (3) Hasil belajar siswa setiap siklus meningkat, fakta; pada siklus I rerata sebesar 4,93 pada siklus II rerata sebesar 5,86 dan pada siklus III sebesar 6,75. Dengan demikian, selisih tiap siklus adalah pada siklus I dengan post test siklus II adalah 0,93 dan selisih pada siklus II dengan post test siklus III adalah 0,89. date: 2009-07-30 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2997/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2997/2/BAB%20II%2CIII.pdf identifier: ANDY AINUN NAJIB, NIM.: 05410057 (2009) PEMBELAJARAN PERAWATAN JENAZAH MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA PIRI I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.