%A NIM. 14220037 LILIS LISNAWATI %O Slamet, S. Ag., M. Si. %T BIMBINGAN SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA DI MTS NEGERI 10 SLEMAN %X Siswa MTs yang berada pada tahap perkembangan remaja. Pada masa ini siswa mengalami penyesuaian diri yang sulit untuk dinilai baik dan buruknya. Oleh sebab itu dalam penyesuaian diri dengan teman sebaya siswa akan mengalami hambatan dan kesulitan karena dalam penyesuaian diri dipengaruhi oleh sifat/pribadi yang dimiliki. Perbedaan sifat atau pribadi yang dimiliki individu menjadikan siswa harus bisa menerima dan sanggup menyesuaikan diri terhadap siswa yang lain, karena siswa terlahir dari latar belakang yang berbeda dan siswa mempunyai sifat dan kepribadian yang tidak sama dengan siswa yang lain, dan apabila siswa tidak mampu menyesuaikan diri maka pada perkembangan selanjutnya akan terganggu. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahapan pelaksanaan bimbingan sosial untuk mengembangkan penyesuaian diri dengan teman sebaya di MTs N 10 Sleman. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru BK, wali kelas, dan 5 siswa yang memiliki masalah untuk mengembangkan penyesuaian diri dengan teman sebaya. Objek penelitain ini adalah tahapan pelaksanaan bimbingan sosial untuk mengembangkan penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya di MTs N 10 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis menggunakan desktiptif kualitatif. Tahapan pelaksanaan bimbingan sosial untuk mengembangkan penyesuaian diri dengan teman sebaya di MTs N 10 Sleman dilaksanakan dengan 4 (empat) tahapan, yaitu (1) persiapan meliputi menentukan personil, asessmen (2) pelaksanaan, meliputi penerapan metode, jadwal, implementasi program (3) evaluasi hasil pelaksanaan dan (4) tindak lanjut hasil pelaksanaan. %K Bimbingan Sosial, Penyesuaian Diri, Teman Sebaya %D 2018 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib29970