%A NIM. 14220051 SERANINGTYAS %O Drs. H. Abdullah, M.Si. %T BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X MAN 4 BANTUL %X Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang terjadi di MAN 4 Bantul yang menunjukkan beberapa dari siswa kelas X masih malu dan takut untuk tegur sapa dan berbicara secara terbuka pada orang lain terutama pada guru BK. Melalui bimbingan dan konseling diharapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X MAN 4 Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X MAN 4 Bantul. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X MAN 4 Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua guru BK dan enam siswa kelas X. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X MAN 4 Bantul adalah dengan metode bimbingan langsung, metode bimbingan tidak langsung, dan metode konseling langsung. %K Bimbingan dan Konseling, Komunikasi Interpersonal. %D 2018 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib29980