TY - THES N1 - Muhsin Kalida, S.Ag., MA. ID - digilib29983 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29983/ A1 - RIZKI ZAHROTIN MU, NIM. 14220053 Y1 - 2018/02/14/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa broken home di MTsN 9 Bantul Yogyakarta baik laki-laki maupun perempuan yang mengalami ketidakutuhan keluarga disebabkan meninggalnya salah satu orang tua (ayah atau ibu) ataupun keduanya, karena perceraian, atau karena pergi meninggalkan keluarga dengan urusan pekerjaan atau urusan lainnya dalam jangka waktu yang lama ataupun karena ketidakharmonisan dalam keluarga namun mampu mendapatkan hasil kegiatan yang bagus sebagai bukti keberhasilan baik kegiatan akademik maupun non-akademik. Hal ini dikarenakan kecerdasan menghadapi kesulitan (Adversity Quotient) pada siswa tersebut tergolong tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang tipe adversity quotient siswa broken home yang berprestasi di MTsN 9 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data yang terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Subyek penelitian adalah dua siswa yang mempunyai skor AQ tertinggi dan berprestasi di bidang akademik dan non akademik, orang terdekat subjek, teman terdekat subjek dan guru BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe adversity quotient pada dua siswa broken home yang berprestasi di MTsN 9 Bantul Yogyakarta adalah pendaki (climber) merupakan tipe AQ tertinggi karena mempunyai respon positif terhadap kesulitan-kesulitan yang dialaminya. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Adversity Quotient KW - Broken Home KW - Prestasi M1 - skripsi TI - ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA BROKEN HOME YANG BERPRESTASI DI MTSN 9 BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 187 ER -