%A NIM. 14220053 RIZKI ZAHROTIN MU %O Muhsin Kalida, S.Ag., MA. %T ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA BROKEN HOME YANG BERPRESTASI DI MTSN 9 BANTUL YOGYAKARTA %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa broken home di MTsN 9 Bantul Yogyakarta baik laki-laki maupun perempuan yang mengalami ketidakutuhan keluarga disebabkan meninggalnya salah satu orang tua (ayah atau ibu) ataupun keduanya, karena perceraian, atau karena pergi meninggalkan keluarga dengan urusan pekerjaan atau urusan lainnya dalam jangka waktu yang lama ataupun karena ketidakharmonisan dalam keluarga namun mampu mendapatkan hasil kegiatan yang bagus sebagai bukti keberhasilan baik kegiatan akademik maupun non-akademik. Hal ini dikarenakan kecerdasan menghadapi kesulitan (Adversity Quotient) pada siswa tersebut tergolong tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang tipe adversity quotient siswa broken home yang berprestasi di MTsN 9 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data yang terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Subyek penelitian adalah dua siswa yang mempunyai skor AQ tertinggi dan berprestasi di bidang akademik dan non akademik, orang terdekat subjek, teman terdekat subjek dan guru BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe adversity quotient pada dua siswa broken home yang berprestasi di MTsN 9 Bantul Yogyakarta adalah pendaki (climber) merupakan tipe AQ tertinggi karena mempunyai respon positif terhadap kesulitan-kesulitan yang dialaminya. %K Adversity Quotient, Broken Home, Prestasi %D 2018 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib29983