%A NIM. 14220069 TRI ATIKA %O Dr. Hj. Casmini, M.Si. %T PENGEMBANGAN ASESMEN REGULASI DIRI SISWA DALAM BELAJAR DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model dan kualitas hasil pengembangan asesmen regulasi diri dalam belajar siswa di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research dan Development (R&D), dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B boarding school putra, kelas VIII C fullday school putra, kelas VIII F boarding school putri , dan kelas VIII G fullday school putri yang berjumlah 64 siswa yang di ambil dari presensi 1-16 tiap kelas. Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas expert judgement dan reliabilitas alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pengembangan asesmen yang tepat untuk mengukur tingkat regulasi diri dalam belajar adalah instrumen non tes yang berupa angket regulasi diri dalam belajar yang dari terdiri dari 32 aitem yang valid dan 10 aitem yang tidak valid dengan 3 aspek regulasi diri dalam belajar, yaitu Forethought (perencanaan), Performasi/ kontrol kehendak, dan refleksi. Hasil uji reliabilitas instrumen menghasilkan nilai r table koefisien α, yaitu r= 0,904 dengan kualitas produk penilaian yang didapatkan adalah berkriteria sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan pada hasil uji evaluasi kuantitatif yang berfungsi sebagi alat penguji kesesuaian aitem dengan kisi-kisi yang telah dirancang. Diketahui bahwa rata-ratanya adalah 26,6. Pada evaluasi kualitatif dapat diketahui presentase kualitas produk dengan membagi skor hasil penilaian dengan skor ideal dan dikalinya 100. Hasil dari evaluasi kualitatif adalah 88,6% %K Pengembangan Asesmen, Regulasi Diri dalam Belajar %D 2018 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib29988