eprintid: 29990 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/99/90 datestamp: 2018-04-26 07:48:31 lastmod: 2018-04-26 07:48:31 status_changed: 2018-04-26 07:48:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LUQMAN BASITH PRADANA, NIM. 14220077 title: IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI PROBLEM PENYESUAIAN DIRI SISWA INTROVERT DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: konseling individu, introvert, penyesuaian diri. note: Dr. Hj. Casmini, M.Si. abstract: Siswa introvert cenderung tertutup dan kurang mampu bersosialisasi sehingga menimbulkan problem penyesuaian diri dengan sesama siswa, guru, maupun lingkungan sekolah. Guru BK dapat memberi layanan konseling individu dalam rangka mengatasi problem penyesuaian diri siswa introvert. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru BK, siswa, dan staff guru. Objek penelitian adalah tahap-tahap dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan konseling individu dalam mengatasi problem penyesuaian diri siswa introvert di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Guru BK MAN 2 Sleman melaksanakan konseling individu dalam mengatasi problem penyesuaian diri siswa introvert melalui 3 (tiga) tahapan yaitu tahap pra konseling, tahap proses konseling, dan tahap pasca konseling. Dalam tahap pra konseling, faktor pendukungnya meliputi hubungan baik guru BK dengan siswa, motivasi siswa, sarana dan prasarana, serta dukungan wali kelas, sedangkan faktor penghambatnya meliputi kurangnya komunikasi dari wali kelas dan kurangnya kerjasama dari guru mata pelajaran. Dalam tahap proses konseling, faktor pendukungnya meliputi harapan siswa, kemampuan guru BK dan setting di dalam ruang konseling, sedangkan faktor penghambatnya meliputi pengalaman hidup siswa dan setting di luar ruang konseling. Dalam tahap pasca konseling, faktor pendukungnya meliputi kerjasama wali kelas dan kelengkapan administrasi, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya tanggung jawab siswa. date: 2018-01-11 date_type: published pages: 152 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Dakwah dan Komunikasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: LUQMAN BASITH PRADANA, NIM. 14220077 (2018) IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI PROBLEM PENYESUAIAN DIRI SISWA INTROVERT DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29990/1/14220077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29990/2/14220077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf