%A Nur Dela Ialuhun NIM: 04410774 %O Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M.Si %T MANAJEMEN KURIKULUM DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN AL-IKHLASH TEMPEL CATUR TUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA %X Latar Belakang penelitian ini adalah bahwa kurikulum adalah landasan dalam setiap lembaga pendidikan baik lembaga formal maupun lembaga non formal, fenomena saat ini yang ada lembaga non formal khususnya pada TPA masih banyak yang belum memiliki kurikulum. Namun di TPA Al-ikhlash telah memiliki kurikulum yang dapat dijadikan pijakan oleh para Ustadz-Ustadzah untuk mencapai tujuan pembelajaran oleh karena itu menarik untuk diteliti manajemen kurikulumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan, hasil pelaksanaan dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan maupun yang menghambat manajemen kurikulum di TPA Al-Ikhlash. Hal ini menarik untuk dilakukan penelitian, karena untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya melaksanakan manajemen kurikulum di TPA, sekaligus untuk memberikan gambaran tentang manajemen kurikulum pada pendidikan lembaga non formal yang dilaksanakan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang manajemen kurikulum pada jenjang pendidikan anak usia dini skaligus lembaga non formal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil latar TPA Al-Ikhlash Tempel Caturtunggal Depok Sleman Yogyakart. Dengan menggunakan pendekatan Manajemen Pedidikan. Metode pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan mengunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan: 1). Manajemen Kurikulum di TPA Al- Ikhlash dilaksanakan dengan cara Penyusunan rencana pembelajaran, meliputi: menyusun kalender pendidikan, menyusun jadwal kegiatan belajar, membuat Silabus dan RPP. Pelaksanaan pembelajaran meliputi: pertama Pengelompokan kegiatan belajar mengajar mencakup tiga kelompok, kegiatan pra pembelajaran kelas, kegiatan pembelajaran kelas dan sholat berjamaah. kedua Proses kegiatan pembelajaran kelas ada tiga tahap, tahap pertama kegiatan awal, tahap kedua kegiatan inti tahap ketiga kegiatan akhir. Dalam ketiga tahap ini ada pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan media pembelajaran, serta evaluasi hasil belajar peserta didik. 2) Hasil Pelaksanaan Kurikulum Hasil Pelaksanaan Kurikulum di TPA Al-Ikhlash dapat dilihat melalui ketercapaian standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator dan di wujudkan dalam bentuk angka yang tertera dalam raport atau rekapitulasi nilai. 3) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan yang menghambat Manajemen Kurikulum. a). Faktor Pendukung, (1) Lingkungan (2). Utadz-Ustadzah (3). Santri (4). Buku Panduan.. b). Faktor Penghambat. (1) Santri (2) Dana (3) Sarana Prasarana. %K Manajemen, Kurikulum, Taman Pendidikan Al-Qur'an %D 2009 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib3002