@phdthesis{digilib3008, month = {July}, title = {KEUNGGULAN METODE BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (BCCT) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TKIT TIARA CHANDRA JOGOKARYAN YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { Retno Widowati NIM. 04410824}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Drs. H. Abd. Shomad, M.A}, keywords = {Metode, Beyond Centers and Circle Times (BCCT), Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3008/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan metode BCCT dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TKIT Tiara Chandra Jogokaryan Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat menambah khasanah penegtahuan khususnya dalam wacana penerapan metode BCCT dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar TKIT Tiara Chandra Jogokaryan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara bebas terpimpin, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan empat langkah yakni : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan metode BCCT dilatarbelakangi karena kurang efektifnya penggunaan metode klasikal. 2)Penerapan metode BCCT dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TKIT Tiara Chandra Jogokaryan Yogyakarta dilaksanakan di sentra iman dan takwa, sementara penanaman nilai Pendidikan Agama Islam dilaksanakan setiap hari, di semua sentra dan semua kegiatan. 3) Keunggulan pembelajaran PAI melalui pendekatan BCCT adalah a.Pembelajaran Agama Islam anak usia dini dengan metode BCCT dirancang secara sistematis, b.Proses pembelajarannya dengan cara menggali lebih dahulu pengalaman peserta didik mengenai tema yang akan diajarkan, c.Metode BCCT lebih bersifat menyenangkan, partisipatif, dialogis, eksploratif dan praktik, d.Semua kegiatan belajar dikemas dalam {\~A}?{\^a}??{\^A}bermain sambil belajar{\~A}?{\^a}??{\^A} dengan mengacu pada sentra-sentra pembelajaran dan mempunyai pijakan-pijakan yang jelas sehingga dapat merangsang dan meletakkan dasar seluruh aspek potensi perkembangan anak. } }