eprintid: 30088 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/03/00/88 datestamp: 2018-05-08 07:04:45 lastmod: 2018-05-08 07:04:45 status_changed: 2018-05-08 07:04:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SLAMET ERNAWATI, NIM. 13720018 title: NEGOSIASI COSPLAYER DALAM MENTRANSFORMASIKAN DIRI (STUDI PADA KOMUNITAS ANOMAN JOGJA) ispublished: pub subjects: sosio divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: Cosplay, Negosiasi, Intertekstualitas, Komunitas Anoman. note: Achmad Uzair Fauzan, Ph.D abstract: Cosplay sebagai salah satu bentuk produk budaya populer Jepang telah menyebar dan berkembang di berbagai negara-negara Eropa, Amerika, Australia dan Asia termasuk salah satunya di Indonesia. Cosplay berkembang dibeberapa kota besar di Indonesia termasuk di Yogyakarta, perkembangan ini juga diiringi dengan munculnya berbagai komunitas penggemar. Cosplay yang di lakukan oleh para cosplayer Yogyakarta mengalami berbagai perubahan karena telah disesuaikan dengan nilai-nilai dan norma yang berlaku bagi masing-masing cosplayer. Adanya pertimbangan nilai dan norma dari para cosplayer dalam menentukan karakter menyebabkan muncul berbagai jenis cosplay khususnya dalam komunitas Anoman Jogja. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pertimbangan atau negosiasi yang dilakukan oleh cosplayer Anoman dalam mentransformasikan diri mereka menjadi karakter fiksi dari anime, di mana negosiasi yang dilakukan tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan juga faktor eksternal dari cosplayer. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini yaitu teori intertekstualitas yang dikembangkan oleh Julia Kristeva. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena cosplay dan jejepangan yang berkembang di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dalam komunitas Anoman Jogja yang memiliki banyak cosplayer aktif dengan berbagai tujuan cosplay yang berbeda-beda. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi partisipatori dimana peneliti juga berperan sebagai cosplayer, wawancara langsung dan tidak langsung melalui media sosial line, facebook dan whatsapp dan dokumentasi foto-foto cosplayer. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan proses mereduksi data yang kurang relevan dengan penelitian kemudian menyajikan data hasil penelitian dalam bentuk tabel dan teks narasi dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga jenis cosplay dalam komunitas Anoman yaitu cosplay original, hijab cosplay dan crossdress cosplay. Perbedaan jenis cosplay yang dilakukan oleh para cosplayer disebabkan oleh adanya berbagai faktor baik internal maupun eksternal yang menjadi hipogram atau dasar pemilihan karakter anime dan telah mengalami proses intertekstualitas. Intertekstualitas yang menghubungkan berbagai teks hipogram inilah yang mempengaruhi pilihan karakter anime oleh para cosplayer. Faktor internal berupa rasa suka yang ada dalam diri cosplayer terhadap tokoh anime karena tokoh tersebut merupakan representasi diri dari cosplayer, rasa suka terhadap tokoh anime juga dikarenakan tokoh tersebut merupakan sosok ideal yang diidolakan cosplayer. Faktor eksternal yang mempengaruhi pilihan jenis cosplay diantaranya adalah keluarga, pendidikan, religiusitas, lingkungan, ekonomi, budaya dan juga pengalaman sosial dari masing-masing cosplayer. date: 2018-01-11 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SLAMET ERNAWATI, NIM. 13720018 (2018) NEGOSIASI COSPLAYER DALAM MENTRANSFORMASIKAN DIRI (STUDI PADA KOMUNITAS ANOMAN JOGJA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30088/2/13720018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30088/1/13720018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf