@phdthesis{digilib3017, month = {July}, title = {IMPLEMENTASI KONSEP SEKOLAH MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN WAWASAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SMAN 7 PURWOREJO}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { SITI KHUSNIYATI SURURIYAH NIM. 05410003}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Dr. Hj. Marhumah, M.Pd}, keywords = {Implementasi, Sekolah, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3017/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang implementasi konsep Sekolah Model Pembelajaran PAI dalam mewujudkan wawasan pendidikan budi pekerti di SMAN 7 Purworejo. Penelitian ini menarik dikaji, karena pembelajaran PAI selama ini cenderung ke arah kognitif dan mengabaikan aspek pembinaan kepribadian peserta didik. Sedangkan Sekolah Model Pembelajaran PAI di SMAN 7 Purworejo ini walaupun secara intelektual dan keilmuan hampir sama dengan SMAN yang lainnya, namun SMAN 7 Purworejo ini mempunyai perbedaan dibandingkan SMAN yang lain, yakni dalam Silabus ditambahkan dengan {\~A}?{\^a}??{\r A}?integrasi nilai-nilai pendidikan budi pekerti{\~A}?{\^a}??{\^A} dimana pelajaran PAI sebagai leadernya dengan tetap menjaga dan menghormati pemeluk agama yang lainnya. Adapun rumusan masalahnya ada dua, yaitu: bagaimana implementasi konsep Sekolah Model Pembelajaran PAI dalam mewujudkan wawasan pendidikan budi pekerti di SMAN 7 Purworejo dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi konsep Sekolah Model Pembelajaran PAI dalam mewujudkan wawasan pendidikan budi pekerti di SMAN 7 Purworejo. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh pendidik PAI di sekolah umum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta meningkatkan keteladanan bagi perkembangan kepribadian peserta didiknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang menggunakan pendekatan Psikologi Pendidikan yakni teori belajar Humanistik, dengan mengambil subyek SMAN 7 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian memeriksa keabsahan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi konsep Sekolah Model Pembelajaran PAI di SMAN 7 Purworejo dikelompokkan menjadi tiga kelompok kegiatan, yaitu: kegiatan peningkatan implementasi konsep Sekolah Model Pembelajaran PAI; kegiatan pelaksanaan pembelajaran serta kegiatan peningkatan kualitas pembelajaran. (2) Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi konsep Sekolah Model Pembelajaran PAI di SMAN 7 Purworejo ini ditinjau dari berbagai aspek telah meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta telah menghasilkan kemajuan yang cukup sinifikan. Keberhasilan tersebut karena didukung oleh beberapa faktor. Walaupun demikian, implementasi konsep Sekolah Model Pembelajaran PAI di SMAN 7 Purworejo ini juga belum bisa maksimal dikarenakan adanya kendala atau faktor penghambat yang datang dari beberapa aspek. } }