TY - THES N1 - Dr. Shofwatul ?Uyun, M.Kom ID - digilib30202 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30202/ A1 - Agung Setiyo Pambudi, 12650084 Y1 - 2018/02/22/ N2 - Banyaknya pencarian produk melalui internet serta maraknya pebisnis yang mulai beralih metode promosi dari manual ke digital menjadi studi kasus baru mengenai pola pemasaran produk. Dampaknya, persaingan pun terjadi antar pelaku pemasaran online untuk menampilkan toko online atau media website mereka agar bisa tampil di halaman pertama mesin pencari dan nomor satu. Untuk membuat produk atau jasa muncul di nomor satu halaman pencarian mereka mengikuti pelatihan untuk mempelajari tentang Search Engine Optimization (SEO). Search Engine Optimization merupakan proses penyesuaian terhadap karakteristik mesin pencarian Google ketika menampilkan hasil terhadap kata yang diketikkan di halaman pencarian Google. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pelatihan Search Engine Optimization terhadap penjualan produk peserta pelatihan, (2) pengaruh penerapan Search Engine Optimization terhadap penjualan produk peserta pelatihan, (3) pengaruh pelatihan Search Engine Optimization terhadap penjualan produk dengan penerapan Search Engine Optimization sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Ex Post Facto dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 68 orang peserta pelatihan SEO di lembaga Sinergia Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur. Hasil penelitian ini adalah (1) Pelatihan Search Engine Optimization berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan produk peserta pelatihan Search Engine Optimization di Lembaga Pelatihan Sinergia Yogyakarta dibuktikan dengan nilai t hitung 5,364. (2) Penerapan SEO berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan produk peserta pelatihan SEO di Lembaga Pelatihan Sinergia Yogyakarta dibuktikan dengan nilai t hitung 5,246. (3) Pelatihan Search Engine Optimization berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan produk peserta pelatihan Search Engine Optimization dengan penerapan SEO sebagai variabel intervening di Lembaga Pelatihan Sinergia Yogyakarta. Dibuktikan dengan nilai pengaruh tidak langsung sebesar 0,395 > r tabel (0,254). Besarnya pengaruh total dari pelatihan SEO terhadap penjualan produk dengan dengan penerapan SEO sebagai intervening sebesar 0,974 PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Pelatihan KW - Penerapan SEO KW - Penjualan Produk KW - Search Engine Optimization M1 - skripsi TI - PENGARUH PELATIHAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION TERHADAP PENJUALAN PRODUK DENGAN PENERAPAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING AV - restricted EP - 134 ER -