@phdthesis{digilib30211, month = {March}, title = {Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP N 14 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {11680003 Enggal Rizki W.}, year = {2018}, note = {Dr. Widodo}, keywords = {model CUPs (Conceptual Understanding Procedures), media Realia, minat, hasil belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30211/}, abstract = {Penelitian ini merupakan Penelitin Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA Biologi melalui penerapan model pembelajaran CUPs (Conteptual Understanding Procedures ) dilengkapi media Realia. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terjadi peningkatan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) antusian siswa memperhatikan guru dari 26\% menjadi 52,9\% , b) aktif mengemukakan pendapat dari 11,7\% menjadi 38, 23\% , c) mengajukan pertanyaan dari 14,7\% menjadi 55, 88\% , d) aktif melakukan percobaan dari 0\% menjadi 82\% , e) aktif mencari bahan dari berbagai sumber dari 11,7\% menjadi 41, 17\%. (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan indikator peningkatan selisih rerata nilai posttest 1, 48 .} }