%0 Thesis %9 Skripsi %A Enggal Rizki W., 11680003 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2018 %F digilib:30211 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K model CUPs (Conceptual Understanding Procedures), media Realia, minat, hasil belajar %P 147 %T Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP N 14 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30211/ %X Penelitian ini merupakan Penelitin Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA Biologi melalui penerapan model pembelajaran CUPs (Conteptual Understanding Procedures ) dilengkapi media Realia. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terjadi peningkatan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) antusian siswa memperhatikan guru dari 26% menjadi 52,9% , b) aktif mengemukakan pendapat dari 11,7% menjadi 38, 23% , c) mengajukan pertanyaan dari 14,7% menjadi 55, 88% , d) aktif melakukan percobaan dari 0% menjadi 82% , e) aktif mencari bahan dari berbagai sumber dari 11,7% menjadi 41, 17%. (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan indikator peningkatan selisih rerata nilai posttest 1, 48 . %Z Dr. Widodo