eprintid: 30211 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/02/11 datestamp: 2018-07-31 01:54:12 lastmod: 2018-07-31 01:54:19 status_changed: 2018-07-31 01:54:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Enggal Rizki W., 11680003 title: Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP N 14 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: model CUPs (Conceptual Understanding Procedures), media Realia, minat, hasil belajar note: Dr. Widodo abstract: Penelitian ini merupakan Penelitin Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA Biologi melalui penerapan model pembelajaran CUPs (Conteptual Understanding Procedures ) dilengkapi media Realia. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terjadi peningkatan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) antusian siswa memperhatikan guru dari 26% menjadi 52,9% , b) aktif mengemukakan pendapat dari 11,7% menjadi 38, 23% , c) mengajukan pertanyaan dari 14,7% menjadi 55, 88% , d) aktif melakukan percobaan dari 0% menjadi 82% , e) aktif mencari bahan dari berbagai sumber dari 11,7% menjadi 41, 17%. (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan indikator peningkatan selisih rerata nilai posttest 1, 48 . date: 2018-03-12 date_type: published pages: 147 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Enggal Rizki W., 11680003 (2018) Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP N 14 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30211/1/11680003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30211/2/11680003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf