<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN\r\nDI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini berjudul Kecerdasan Emosi Para Khātimāt Pada Khatm Al-\r\nQur’an di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini\r\ndilatarbelakangi oleh adanya sebuah tradisi khatm Al-Qur’an yang tumbuh dan\r\nberkembang pada sebuah fenomena sosial, di mana para khātimāt menunjukkan\r\nperilaku dan respon yang berbeda-beda manakala menghadapi sebuah kondisi\r\nyang berkaitan dengan keadaan emosi dirinya sendiri serta lingkungan dimana\r\nmereka menjalin sebuah hubungan di dalamnya. Adapun tujuan dari penelitian ini\r\nadalah: pertama, untuk mendeskripsikan tradisi Khatm Al-Qur’an di Pondok\r\nPesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Kedua, memaparkan makna\r\nKhatm Al-Qur’an bagi pelaku khataman. Ketiga, mengetahui motivasi para santri\r\ndalam mengikuti Khatm Al-Qur’an. Keempat, menganalisis pola kecerdasan\r\nemosional para khātimāt dalam pelaksanaan Khatm Al-Qur’an.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan\r\nmenggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data adalah data primer,\r\nyaitu hasil wawancara dengan informan dan observasi. Sedangkan data sekunder\r\nadalah buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan. Pengumpulan data diperoleh\r\nmelalui interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data\r\nmenggunakan metode analisis kualitatif dan dilakukan melalui tiga tahap yaitu\r\nreduksi, display dan verifikasi.\r\nHasil dari penelitian ini yaitu: pertama, bahwa Khatm Al-Qur’an\r\nmerupakan kegiatan pembacaan beberapa ayat al-Qur’an diikuti oleh empat\r\nkriteria khātimāt di antaranya khātimāt 30 juz bi al-ḥifẓi (al-Qiyamah 1-40), 15\r\njuz bi al-ḥifẓi (al-An’am 160-165), 30 juz bi an-naẓri (al-Hasyr 18-24) dan juz 30\r\nbi al-ḥifẓi (at-Takaatsur-al-Lahab). Sedangkan pelaksanaannya melalui tiga tahap\r\ndiantaranya pra latihan, latihan dan Nadwah Khatm Al-Qur’an. Kedua, makna\r\nyang muncul dari praktik khatmil qur’an di antaranya: makna penilaian diri secara\r\nteliti, kendali diri, adaptibilitas, inisiatif, dorongan prestasi, optimisme, produktif,\r\nmengembangkan orang lain, kolaborasi dan kooperasi, kemampuan tim, dan\r\nkekuatan pengaruh. Ketiga, terdapat 10 motivasi yang mendasari para khātimāt\r\nmengikuti khataman di antaranya: semata-mata mengharapkan ridlo Allah SWT.,\r\nmenjaga kelestarian al-Qur’an, wadah silaturrahim, mengikuti dawuh kyai,\r\nmendapatkan sanad dan ijazah, mendapatkan beasiswa belajar dan penghargaan,\r\nmendapatkan barakah, harapan supaya rajin belajar al-qur’an, mencontoh sang\r\nmotivator dari artis Korea dan membahagiakan orang tua. Keempat, pola\r\nkecerdasan emosi para khātimāt yang dianalisis berdasarkan teori Daniel Goleman\r\nberupa 5 unsur kecerdasan emosi. Pola kecerdasan emosi para khātimāt tersebut\r\ndiantaranya: memotivasi diri, pantang menyerah, sabar, optimis, mudah\r\nmemenegemen diri, ketaatan, produktif, kemampuan mengatasi masalah, berfikir\r\npositif, dan memiliki sifat kepemimpinan."^^ . "2018-01-18" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "Pascasarjana, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "1520511006"^^ . "Elly Maghfiroh"^^ . "1520511006 Elly Maghfiroh"^^ . . . . . . "KECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN\r\nDI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "KECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN\r\nDI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "1520511006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN\r\nDI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN\r\nDI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN\r\nDI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN\r\nDI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN\r\nDI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN\r\nDI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN\r\nDI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN\r\nDI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #30230 \n\nKECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN \nDI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK \nYOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . .