TY - THES N1 - Dr. Sekar Ayu Ariyani, M.Ag ID - digilib30230 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30230/ A1 - Elly Maghfiroh, 1520511006 Y1 - 2018/01/18/ N2 - Penelitian ini berjudul Kecerdasan Emosi Para Kh?tim?t Pada Khatm Al- Qur?an di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sebuah tradisi khatm Al-Qur?an yang tumbuh dan berkembang pada sebuah fenomena sosial, di mana para kh?tim?t menunjukkan perilaku dan respon yang berbeda-beda manakala menghadapi sebuah kondisi yang berkaitan dengan keadaan emosi dirinya sendiri serta lingkungan dimana mereka menjalin sebuah hubungan di dalamnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: pertama, untuk mendeskripsikan tradisi Khatm Al-Qur?an di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Kedua, memaparkan makna Khatm Al-Qur?an bagi pelaku khataman. Ketiga, mengetahui motivasi para santri dalam mengikuti Khatm Al-Qur?an. Keempat, menganalisis pola kecerdasan emosional para kh?tim?t dalam pelaksanaan Khatm Al-Qur?an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data adalah data primer, yaitu hasil wawancara dengan informan dan observasi. Sedangkan data sekunder adalah buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan. Pengumpulan data diperoleh melalui interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis kualitatif dan dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi, display dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: pertama, bahwa Khatm Al-Qur?an merupakan kegiatan pembacaan beberapa ayat al-Qur?an diikuti oleh empat kriteria kh?tim?t di antaranya kh?tim?t 30 juz bi al-?if?i (al-Qiyamah 1-40), 15 juz bi al-?if?i (al-An?am 160-165), 30 juz bi an-na?ri (al-Hasyr 18-24) dan juz 30 bi al-?if?i (at-Takaatsur-al-Lahab). Sedangkan pelaksanaannya melalui tiga tahap diantaranya pra latihan, latihan dan Nadwah Khatm Al-Qur?an. Kedua, makna yang muncul dari praktik khatmil qur?an di antaranya: makna penilaian diri secara teliti, kendali diri, adaptibilitas, inisiatif, dorongan prestasi, optimisme, produktif, mengembangkan orang lain, kolaborasi dan kooperasi, kemampuan tim, dan kekuatan pengaruh. Ketiga, terdapat 10 motivasi yang mendasari para kh?tim?t mengikuti khataman di antaranya: semata-mata mengharapkan ridlo Allah SWT., menjaga kelestarian al-Qur?an, wadah silaturrahim, mengikuti dawuh kyai, mendapatkan sanad dan ijazah, mendapatkan beasiswa belajar dan penghargaan, mendapatkan barakah, harapan supaya rajin belajar al-qur?an, mencontoh sang motivator dari artis Korea dan membahagiakan orang tua. Keempat, pola kecerdasan emosi para kh?tim?t yang dianalisis berdasarkan teori Daniel Goleman berupa 5 unsur kecerdasan emosi. Pola kecerdasan emosi para kh?tim?t tersebut diantaranya: memotivasi diri, pantang menyerah, sabar, optimis, mudah memenegemen diri, ketaatan, produktif, kemampuan mengatasi masalah, berfikir positif, dan memiliki sifat kepemimpinan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kecerdasan KW - Emosi KW - Khatm Al-Qur?an. M1 - masters TI - KECERDASAN EMOSI PARA KH?TIM?T PADA KHATM AL-QUR?AN DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA AV - restricted EP - 210 ER -